Minggu, 15 September 2013

Contoh Komunikasi Intrapersonal, Interpersonal, Kelompok, dan Komunikasi Publik

Komunikasi intrapersonal

             Komunikasi intrapribadi atau Komunikasi intrapersonal adalah penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri antara self dengan God.

Contoh: Pada saat menjelang tidur saya selalu berdoa kepada Tuhan YME.
Menurut pemahaman saya berdoa adalah salah satu bentuk komunikasi interpersonal karena pada saat berdoa terjadi komunikasi dalam diri kita.


Komunikasi interpersonal

             Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang  dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya diantara dua orang yang dapat diketahui balikannya. (muhammad, 2005,p.158-159)

Contoh: Ketika saya mempunyai suatu masalah, saya selalu berbicara (mengobrol) dengan orang tua saya untuk mencari solusinya. Mengobrol merupakan komunikasi interpersonal karena dilakukan antara satu orang dengan orang lain yang memungkinkan adanya feedback secara langsung.

Komunikasi Kelompok Kecil                                                                                                     

Menurut Anwar Arifin komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok “kecil” seperti dalam rapat, pertemuan, konperensi dan sebagainya (Anwar Arifin, 1984)

Contoh: Rapat “makrab” yang dilakukan DIIP B untuk membahas konsep acara yang akan di buat. Rapat tersebut merupakan salah satu bentuk komunikasi kelompok kecil karena komunikasi berlangsung lebih dari dua orang dan bersifat homogen.


Komunikasi Publik

Jalaluddin Rakhmat,
Komunikasi Publik adalah proses penyampaian pesan darikomunikator kepada banyak komunikan. Secara serempak dan langsung.

Contoh: Pidato kampanye salah satu calon Gubernur Jawa Barat di lapangan Cibinong Bogor. Pidato tersebut merupakan komunikasi publik karena ditunjukan kepada orang banyak dengan sifat yang heterogen.

Daftar Pustaka
Riadi, Muchlisin. (2012).komunikasi interpersonal. [online]. Tersedia:                     http://www.kajianpustaka.com/2012/10/komunikasi-interpersonal.html [15 Maret   2013]
Phienout,Ipin.(2011).Komunikasi Kelompok Kecil.[online]. Tersedia:             http://kuliahonlinekomunikasi.blogspot.com/2011/09/komunikasi-kelompok-           kecil.html [15 Maret 2013]

Yepwidi. (2011). Bentuk Komunikasi Intrapersonal Dan Interpersonal.[online]. Tersedia:

            http://iyepwidi.blogspot.com/2011/10/bentuk-komunikasi-intrapersonal-dan.html [15         Maret 2013]
Husda. & indah.(2012). Pengertian Komunikasi Publik.[online]. Tersedia:             http://husadaindah.wordpress.com/2012/02/15/pengertian-komunikasi-publik/ [15         Maret 2013]

1 komentar: